Wednesday, September 2, 2009

Global Conference on Open Source at Jakarta.

Sejak menjadi pengguna open source dan mulai memahami dunia open source, saya sangat kagum dan ingin sekali bertemu dengan tokoh-tokoh open source dunia. Sebut saja nama-nama yang sudah sangat terkenal di dunia open source seperti Richard Stallman, Eric S. Raymond, dan tentunya Linus Torvalds. Beliau-beliau ini mempunyai prestasi dan andil yang besar dalam penggembangan GNU/Linux dan Open Source.

Karena menurut saya, Open Source adalah pilihan 'jalan hidup' kita yang berkecimpung di dunia Teknologi Informasi sekarang ini. Open Source mengajarkan bagaimana kita dapat saling membangun sebagai sebuah masyarakat (IT Khususnya) di tengah kekurangan dengan saling berbagi dan saling melengkapi. Mulai dari menyediakan kode sumber perangkat lunak kita agar orang lain dapat dengan mudah menggunakan, memperbaiki dan bahkan menyempurnakan sebuah perangkat lunak. Tidak hanya itu, open source juga merupakan strategi marketing yang menurut saya cukup baik. Sebuah perangkat lunak yang dikembangkan dengan baik dan open source, membuat perangkat lunak semakin di kenal masyarakat melalui mulut ke mulut karena ke-'bebas'-annya untuk berbagi dengan orang lain.

Pada kesempatan kali ini, tepatnya 26-27 Oktober 2009, Global Conference on Open Source akan di adakan di Jakarta. Dengan salah satu pembicaranya ada Linus Torvalds sendiri, ini adalah kesempatan yang saya nanti-nanti kan untuk dapat memulai lebih aktif di open source untuk Indonesia khususnya. Untuk informasi lebih lengkap tentang Global Conference on Open Source ini, silahkan kunjungi alamat ini, GCOS 2009.

Semoga dengan adanya Global Conference on Open Source ini, bangsa Indonesia dapat belajar bahwa di luar sana ( dunia Teknologi Informasi ) masih ada pilihan lain dengan kelebihan dan kekurangannya dan bukan hanya tergantung pada sebuah KEBIASAAN.

Ayo Indonesia, Go Open Source !

No comments:

Post a Comment

Feel free to comment all my posts.