Friday, February 26, 2010

Seminar Sehari Linux


Sehari sebelum hari raya imlek dan valentine yang jatuh bersamaan tahun ini pada tanggal 14 Feb 2010, saya menghadiri seminar sehari dengan tema "Linux Sebagai OS Alternatif" di SMK Negeri 4, Tangerang. Kali ini saya diundang sebagai pembicara pada seminar sehari tersebut, yang memang salah satu dari panitianya adalah rekan kerja saya.

Sebenarnya tema "Linux Sebagai Sistem Operasi Alternative" susah saya kritisi, karena arti kata "Alternatif" sendiri adalah sebuah pilihan kedua jika pilihan pertama tidak didapat. Oleh karena itu ketika saya berbicara pada seminar tersebut, saya memperbaiki temanya menjadi "Linux Sebagai Sistem Operasi Pilihan". Mengapa saya merubah temanya menjadi seperti tersebut? Karena Linux bukanlah alternatif dari sistem operasi lain, karena Linux adalah Linux dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Sebelum menggunakan Linux kita sudah memilih, dan bukan terpaksa, dalam konteks 'Alternatif'.

Saat acara berlangsung yang diikuti oleh siswa kelas 10 SMK Negeri 4 Tangerang dengan berbagai bidang studi. Mereka sangat memperhatikan yang saya sampaikan, terutama siswa-siswa pada bidang studi rekayasa perangkat lunak. Beberapa hal yang saya sampaikan antara lain :


  • Pengantar sejarah sistem operasi di dunia komputer
  • Pro dan Kontra sistem operasi Linux
  • FSF, Open Source dan GNU Licenses
  • Tampilan Linux
  • Dan siapa saja yang menggunakan linux berdasarkan link ini
Saat saya menunjukan siapa saja yang menggunakan Linux sebagai sistem operasi, hampir seluruh siswa tercengang karena banyak perusahaan dan pemerintahan yang menggunakan Linux. Saya harap ini dapat merubah image di masyarakat tengan 'gratis' berarti 'kurang bagus'. Justru dengan adanya sesuatu yang 'gratis' bisa membuat kita tidak harus menjadi 'pembajak' hasil karya orang lain.

Senang sekali dapat berbicara pada acara-acara seminar tenang Linux dan Open Source seperti ini dan berbagi pengetahuan kepada sesama pemuda Indonesia. Semoga acara-acara seperti ini dapat lebih banyak dilakukan oleh kita pemuda Indonesia dengan inisiatif dan semangat kebersamaan membangun bangsa ini menjadi lebih baik, setidaknya dengan cara dan kemampuan kita masing-masing.

No comments:

Post a Comment

Feel free to comment all my posts.