Friday, March 19, 2010

Aplikasi Komputer

Judul di atas merupakan salah satu matakuliah yang harus saya ikuti semester ini sebagai mahasiswa baru. Karena memang saya sangat menyukai dunia Teknologi Informasi, yang salah satunya mengenai aplikasi-aplikasi komputer, saya sangat antusias kepada matakuliah yang satu ini.

Asumsi saya, matakuliah ini akan mengajarkan dan memberitahukan informasi / sejarah tentang aplikasi-aplikasi komputer. Karena seperti kata bijak yang pernah saya tahu, yaitu "Orang yang pintar adalah orang yang mempelajari sejarah", saya percaya dan merasakan sendiri pentingnya mengetahui sejarah. Karena dari sejarah-sejarah itulah manusia belajar dan memperbaikin dirinya terus menerus.

Ketika pertemuan pertama tiba, berusaha menjadi mahasiswa yang baik, saya mengikuti perkuliahan dengan tenang. Setelah acara perkenalan (maklum ini awal perkuliahan), dosen saya memberikan garis besar tentang materi yang akan diajarkan pada matakuliah aplikasi komputer ini. Begitu terkejutnya saya mengetahui, bahwa asumsi saya tentang matakuliah 'Aplikasi Komputer' ini sangatlah tidak sesuai dengan materi yang akan diberikan. Adapun matakuliah ini akan mengajarkan bagaimana cara menggunakan produk software 'office suite' dari salah satu 'perusahaan perangkat lunak yang terkenal di seluruh dunia'. Dan saya tidak menggunakan software tersebut, karena tidak mampu membelinya (setidaknya saya berusaha untuk tidak menjadi pembajak).

Akhirnya saya bertanya kepada dosen saya, bagaimana dengan kami yang tidak menggunakan software yang akan diajarkan pada mata kuliah ini. Dan dosen saya menjawabnya ringan, 'Anda bisa cari rental komputer untuk mengerjakan tugas dengan software ini'. Wah.... Jujur saya sangat kecewa karena hal ini, tidak saja matakuliah ini tidak sesuai dengan asumsi saya (berdasarkan nama matakuliah ini) tetapi juga menurut pendapat saya, matakuliah ini 'memaksa' saya, yang tidak menggunakan software tersebut untuk membeli (atau mungkin membajak jika saya tidak mampu membelinya). Bagaimana saya bisa lulus matakuliah ini kalau setiap kali materi yang diberikan harus saya pelajari di rental komputer karena saya tidak memiliki software tersebut.

Menurut saya, nama matakuliah ini lebih tepat diganti dengan 'Aplikasi office-vendor-terkenal'. Moga-moga hal ini tidak terjadi pada mahasiswa-mahasiswa yang akan datang, dan mereka dapat memilih atau setidaknya diberitahukan bahwa di luar sana ada alternative lain selain software yang relative mahal itu dan tidak memaksakan diri untuk memakainya dengan membajak. Jika hasil karya kita ingin dihargai orang lain maka hargailah hasil karya orang lain.

No comments:

Post a Comment

Feel free to comment all my posts.